Selasa, Juni 09, 2009

Analisis SWOT untuk Menentukan Kebijakan Strategis SMA Negeri 2 Muara Beliti

I. PENDAHULUAN

a. Latar Belakang

SMA Negeri 2 Muara Beliti didirikan pada tahun 2005, sejak itu SMA Negeri 2 Muara Beliti selalu berupaya ikut dalam usaha peningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Musi Rawas. Banyak hal yang telah dilakukan oleh SMA Negeri 2 Muara Beliti, baik yang bersifat fisik maupun non fisik. Di antaranya dapat dilihat dari pencapaian rata-rata nilai Ujian Akhir Nasional selama tiga tahun berturut-turut yang selalu meningkat dan prestasi-prestasi yang diraih, baik dibidang akademik maupun non akademik.

SMA Negeri 2 Muara Beliti memiliki manajemen sekolah yang baik, solid dan terpadu. Sekolah ini juga menerapkan disiplin yang tinggi terhadap guru dan siswa serta selalu berusaha menciptakan suasana kekeluarga antara seluruh warga sekolah sehingga tumbuh rasa saling menghargai, menghormati dan menyayangi antar sesama. SMA Negeri 2 Muara Beliti sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang manajemen sekolah dan proses pembelajaran. Selain itu, sekolah ini didukung oleh kepemimpinan yang kuat dari kepala sekolah dan memiliki guru yang mempunyai motivasi yang tinggi dan kompetensi akademik sesuai dengan mata pelajaran diajarnya, memiliki integritas yang tinggi, kepribadian yang baik, dan berpengalaman. Secara letak SMA Negeri 2 Muara Beliti sangat strategis yang terletak di pusat ibukota kabupaten Musi Rawas dan berdiri tepat di depan jalan Lintas Sumatera yang merupakan jalur kenderaan antar propinsi seperti Bandar Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, dan propinsi lainnya dan merupakan jalur yang dilewati oleh kenderaan antar kabupaten dalam propinsi Sumatera Selatan itu sendiri, di antaranya kabupaten Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Pagar Alam, dan Musi Banyuasin.

Berpijak dari kondisi yang ada, maka perlu pengembangan aspek-aspek pendidikan secara berkesinambungan untuk menyukseskan SMA Negeri 2 Muara Beliti sebagai Sekolah Standar Naisonal (SSN).


Selengkapnya Download di Sini :
1. Analisis SWOT SMA Negeri 2 Muara Beliti
2. Rencana Program Jangka Pendek, Menengah dan Panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar