Selasa, Desember 08, 2009

PIHAK-PIHAK YANG TERKAIT DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM

Pendahuluan

Kegiatan pengembangan kurikulum membutuhkan perencanaan dan sosialisasi, agar pihak-pihak terkait memiliki persepsi dan tindakan yang sama. Pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan kurikulum meliputi pakar ilmu pendidikan, khususnya pakar pengembangan kurikulum dan teknologi pendidikan, yang bertindak sebagai tenaga ahli atau konsultan kurikulum.

Di tingkat pusat, tingkat provinsi, serta kabupaten atau kota, masing-masing pihak berkaitan, baik secara struktural maupun secara fungsional dalam pengelolaan, pengembangan, implementasi, pengawasan, dan perbaikan kurikulum.

Administrasi Pendidikan tingkat pusat dan daerah juga memiliki tugas dan tanggung jawab, baik dalam penyusunan kerangka kurikulum, maupun dalam pengembangan dan penilaiannya. Supervisor (pengawas) bertugas memberikan bimbingan profesional, baik dalam aspek akademik maupun manajerial kepada guru-guru, sedangkan kepala sekolah bertanggung jawab sebagai pimpinan sekolah yang mengkordinasikan dan mengawasi pelaksanaan kurikulum di sekolahnya.

Pada dasarnya, organisasi sosial kemasyarakatan, asosiasi industri dan bisnis, persatuan atau asosiasi keilmuan (profesi) dan lembaga atau tokoh keagamaan, sebaiknya menjadi pihak-pihak yang terlibat aktif dalam proses pengembangan kurikulum.


Untuk mendapatkan makalah selengkapnya klik link download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar